SELAMAT DATANG DI SD BANYAKAN

Minggu, 20 Mei 2012

Teks Pidato Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2012


Teks Pidato Hari Kebangkitan Nasional (Tahun 2012)
Nama Sekolah         :  SD Banyakan
Hari, Tanggal           :  Senin, 21 Mei 2012
Pembina Upacara    :



Assalamu alaikum. wr. wb

Yang saya hormati Kepala SD N Banyakan,
Bapak/Ibu guru beserta karyawan dan tak lupa anak-anakku yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat ALLAH SWT, karena hanya atas rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di lapangan SD Banyakan ini dalam keadaan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang “Hari Kebangkitan Nasional” yang jatuh pada tanggal 20 Mei.

Bangsa kita mulai bangkit dari penderitaan panjang dibawah kekuasaan penjajah pada tanggal 20 Mei 1908. Seratus tahun yg lalu, pemimpin-pemimpin bangsa ini membakar semangat seluruh bangsa Indonesia untuk bangkit melawan penjajah. Momentum ini ditandai dengan berdirinya organisasi pemuda yang menumbuhkan semangat nasionalisme yaitu “Budi Utomo” yang diprakarsai oleh Dr. Wahidin Sudiro Husodo di gedung Stovia.

Bapak/Ibu serta anak-anakku yang saya cintai,
hari ini, setelah 100 tahun peristiwa itu terjadi, dan kita dapat menikmati hidup dalam suasana kemerdekaan.  Bagaimana kita memaknai “kebangkitan nasional” ini? seharusnya kita bangkit membangun semangat nasionalisme untuk menjadi bangsa yang maju, bangsa yg berprestasi. Kita harus bangkit dengan tidak mengenal kata menyerah untuk bersatu membangun bangsa dan tanah air.

Dengan semangat kebangkitan nasional ini, marilah kita bahu membahu dan bersatu untuk belajar, bekerja dan bekerja demi kemajuan dan martabat bangsa.

Nasionalisme Indonesia adalah nasionalisme yang luar biasa. Ia tumbuh bukan atas dasar etnis maupun kedaerahan. Ia adalah suatu kesatuan sebagai bangsa Indonesia yang berasal dari berbagai suku. Dari sinilah muncul Bhinneka Tunggal Ika.  Kita mampu berdiri tegak di sini karena kita mampu bersatu sebagai bangsa, sebagai saudara. Itulah luhurnya semangat nasionalisme Indonesia.

Bapak/Ibu serta anak-anakku yang saya cintai, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Hari Kebangkitan Nasional adalah hari lahirnya semangat kebangsaan dan kesatuan Indonesia, jadi marilah kita bersemangat dalam belajar, bekerja dan memajukan bangsa tercinta ini.  Dan marilah kita bersatu dan berdamai dalam segala perbedaan. Saya berharap penjelasan singkat saya tadi dapat memperkuat semangat kesatuan kita sehingga bangsa kita bisa menjadi lebih baik.

Saya rasa cukup sekian yang dapat saya sampaikan kali ini mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk kita semua, ada kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Wabillahi taufik wal hidayah
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar